Spread the love

Kewirausahaan dapat diartikan sebagai bisnis atau usaha yang diawali dengan berani. Kewirausahaan adalah proses dalam mengidentifikasi semua masalah dalam hidup dan mengembangkannya untuk bisa menemukan solusi tepat sehingga bisa mewujudkan visi dan misi kehidupan.

Ciri-ciri Kewirausahaan

Semua orang yang memiliki keinginan berwirausaha tentu harus mempunyai jiwa kewirausahaan sebelum mengawali bisnis di bidang apapun. Tanpa ada jiwa kewirausahaan tinggi, bisnis yang tengah dirintis mungkin saja berhenti atau bahkan bangkrut dikarenakan penyebab sepele. Berikut beberapa ciri pengusaha yang wajib Anda ketahui.

  • Memiliki impian besar

Tak seperti kebanyakan orang yang mempunyai mimpi biasa saja, wirausahawan harus memiliki impian besar, out of the box serta berani memiliki pemikiran anti-mainstream untuk bisa mencapai impian mereka itu.

Karakter wirausahawan ini pun digambarkan dengan keberanian dan kemampuan dalam mengambil resiko serta keluar dari zona nyaman sebelum mengawali suatu bisnis tanpa takut pada resiko kerugian.

  • Kemampuan menganalisis pasar

Sebelum mengawali bisnis, tentu wirausahawan harus bisa menentukan produk ataupun jasa yang ingin ditawarkan. Mereka pun harus melakukan riset terlebih dahulu dalam menemukan peluang bisnis yang tepat dan laku di pasaran.

Wirausahawan harus memperhitungkan semua jenis resiko, dimulai dari untung rugi, persaingan, sampai nilai jual produk atau jasa yang ditawarkan. Sebagai contoh mengenali trend minuman kekinian yang banyak digemari konsumen, lalu melihat peluang untuk mengawali bisnis sejenis di lokasi yang ramai.

  • Berjiwa pemimpin

Wirausahawan harus berjiwa pemimpin dalam mengambil semua keputusan dengan cepat dan tepat. Mengingat wirausahawan juga harus mampu memimpin karyawan atau pegawainya, maka untuk meraih kesuksesan bisnis sangat diperlukan jiwa pemimpin. Seorang dengan jiwa pemimpin juga haruslah tegas dan tak konsumtif.

  • Disiplin

Kunci sukses utama kewirausahaan adalah disiplin dalam mewujudkan semua jenis target dan semua jenis ketentuan yang dibutuhkan untuk bisa meraih tujuan. Disiplin ini dapat diwujudkan pada berbagai hal seperti disiplin keuangan, disiplin waktu, dan banyak lagi lainnya. Tanpa kedisiplinan maka tenaga, waktu dan uang Anda bisa terbuang percuma.

  • Konsisten dalam keputusan

Menjalankan bisnis memerlukan konsistensi tinggi dalam melakukan keputusan yang dipilih. Tanpa konsistensi, tentu keputusan yang Anda buat bisa berubah-ubah dan bisa berdampak negatif untuk bisnis. Pastikan Anda mempertimbangkan keuntungan, kerugian, dan resiko yang mungkin timbul karena keputusan Anda.

Cara Mengembangkan Jiwa Kewirausahaan

Dalam mengembangkan bisnis, dibutuhkan berbagai hal yang harus dilakukan sebagai wirausahawan sejati. Ada beberapa cara untuk mengembangkan jiwa kewirausahaan berikut ini.

  • Keyakinan dan niat

Hal pertama dan terpenting untuk dimiliki adalah keyakinan kuat dan niat untuk mengembangkan bisnis. Bila memiliki keyakinan dan niat tentu Anda bisa menjalankan bisnis sepenuh hati tanpa takut pada tantangan yang nantinya dihadapi dan tanpa takut lelah.

  • Mempersiapkan modal

Pastikan Anda mempersiapkan modal yang cukup untuk mengawali bisnis. Anda dapat mengumpulkan modal dengan bekerja dan menabung terlebih dahulu atau dengan melakukan hal lainnya yang menguntungkan. Anda pun bisa mengajukan pinjaman modal ke orang lain atau bank yang tentunya harus dikembalikan pada jangka waktu tertentu.

  • Mempelajari kisah sukses

Mungkin Anda menemukan beragam tantangan sebelum mulai terjun ke dunia bisnis. Selain itu ada berbagai kisah para pengusaha sukses di luar sana yang perlu Anda simak untuk bisa menumbuhkan jiwa kewirausahaan dan menjadi inspirasi agar tak mudah menyerah.

  • Kemampuan menjual

Kunci sukses kewirausahaan adalah kemampuan menjual yang mumpuni. Anda bisa mengasah kemampuan ini secara otodidak atau dengan membaca buku dan mengikuti beragam training bisnis.

Author